Kamis, 17 Februari 2011

Perkembangan pola pikir suku jawa

Manusia pada dasarnya adalah makhluk Tuhan yang dapat dikatakan sebagai makhluk yang sempurna diantara makhluk lainya.Mengapa dapat dikatakan seperti itu?karena manusia di berkahi oleh Tuhan YME suatu anugerah berupa hati nurani,akal,pikiran serta hawa nafsu .Nafsu dalam arti disini yaitu adalah rasa keingintahuan pada suatu hal yang menarik untuk diketahui kebenarannya.Sehingga banyak perbedaan pendapat satu sama lain dalam mencari titik kebenaran tersebut.Dan pengetahuan itupun berkembang seiring perputaran waktu.
Akal dan pikiran digunakan manusia supaya menjadi manusia berbudi pekerti luhur yang mengetahui benar dan salah. Dalam hal ini untuk mengetahui perkembangan pola pikir manusia tepatnya pada suku jawa dari masa pola pikir yang kuno hingga pada masa saat ini.Sehingga kita dapat mengetahui perkembangan.
Hasil dari perkembangan pola pikir yang di dasari oleh akal dan pikiran yang dihasilkan oleh suku jawa yaitu mengenai bahasa,sosial,budaya,agama dan seni.Awal mula pemikiran suku jawa bisa dibilang sangat ortodoks (kuno) dan selalu di sangkut paut kan dengan hal-hal yang berbau mistis.Pengaruh lingkungan sangat mempengaruhi sistem pola pikir dan perilaku manusia yang tinggal dilingkungan tersebut. Berawal dari keingintahuan terhadap segala sesuatu,salah satunya pada bidang seni.
Suku jawa pada masa dahulu baru bisa memadukan nada-nada seperti benda-benda yang terbuat darii batu,kayu dan lainyanya.Buktinya adalah penemuan gua gong,dimana setiapa batu yang menjulur didalamnya bisa memunculkan suwara nada yang dapat dipadukan .Kemudian seiring perkembangan jaman dan adanya pengaruh dari luar seperti masa kerajaan hindu budha yaitu dengan adanya gamelan dan tari-tarian ,disamping itu hasil perpaduan musik dan tarian itu adalah suatu persembahan untuk dewa ataupun pada raja.Meskipun begitu sampai sekarang kesenian tersebut masih dilestarikan.
Gambaran pola pikir kuno suku jawa yang sampai saat ini digunakan sebagian besar masih dipercaya dapat dicontohkan seperti, cicak adalah jelmaan makhluk lain sehingga harus di bunuh jika kita melihat cicak.Ini adalah sebagian kecil pengetahuan yang kita tahu mengenai suku jawa.Jadi kita sebagai manusia ciptaan Tuhan harus berusaha sebaik mungkin menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan bisa terus mengembangkan suatu pemikiran yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar