Senin, 12 Maret 2012

TOKOH KARTINI SEBAGAI PEJUANG HAK ASASI MANUSIA

Saya mengambil contoh tokoh Kartini untuk di bahas dalam tugas ini karena keberanian seorang wanita yang menjujung hak asasi wanita sehingga pencapaian jasanya sangat berpengaruh hingga saat ini khususnya untuk wanita.Ada beberapa kisah Kartini yang dapat dijadikan sebagai pelajaran.
Kartini kecil sangat sedih setelah lulus dari Sekolah Dasar ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya , ia ingin menentang tapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka.

Rasa hormat kepada orang tuanya sehingga Kartini kecil rela untuk tidak melanjutkan cita-citanya. Namun beliau mencari cara lain untuk mencapi keinginannya yaitu mensejajarkan kedudukkan wanita dengan laki-laki Kartini berjuang agar wanita memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas.Berkat kegigihannya Kartini berhasil mendirikan Sekolah Wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Ketenarannya tidak membuat Kartini menjadi sombong, ia tetap santun, menghormati keluarga dan siapa saja, tidak membedakan antara yang miskin dan kaya.

Itulah alasan saya memilih tokoh Kartini dalam tugas ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar